Kuliah Umum Ethical Hacking di Teknik Informatika UNSOED

[unsoed.ac.id, 17/6/13] Bertempat di Aula Fakultas Sains dan Teknik UNSOED, Kamis (13/6) berlangsung kuliah umum dengan materi mengenai Ethical Hacking. Materi disampaikan oleh Josua M Sinambela, M.Eng (Computer Network & Security Consultant/RootBrain IT Security Training & Consulting).

????????????????????????????????????

Di hadapan para mahasiswa Jurusan Teknik Informatika UNSOED, narasumber menjelaskan tentang istilah-istilah berkaitan dengan Ethical Hacking antara lain Ethical Hackers yang merupakan orang-orang yang dipekerjakan oleh perusahaan untuk melakukan audit sistem, percobaan penyusupan ke sistem perusahaan baik jaringan, server ataupun websitenya yang berhubungan dengan TIK. “Yang dilakukan Ethical Hackers yaitu Penetration Test adalah tindakan yang legal melakukan penyusupan ke sistem perusahaan karena ijin dari perusahaan dan Security Test yaitu selain mencari kelemahan juga mencarikan solusinya”, jelas beliau.

Fst_0

Narasumber juga menjelaskan mengenai metodologi Hacking antara lain mencari informasi sebanyak mungkin mengenai target, memetakan port/layanan/jenis aplikasi hingga versi software yang digunakan, menggunakan Port Scanner dan Ping Sweep dan merancang skenario untuk mendapatkan akses user berdasarkan data informasi  yang sudah diperoleh. “Sebelum menjadi Ethical Hackers harus menguasai cara kerja sistem jaringan (Teknologi) sehingga mengetahui pengoperasiannya”, pesan narasumber kepada mahasiswa.

Maju Terus Pantang Menyerah!

Sumber: http://www.unsoed.ac.id/berita/kuliah-umum-ethical-hacking-di-teknik-informatika-unsoed