FGD Antisipasi Kejahatan Dunia Maya (Cyber Crime) oleh LEMHANAS RI

Direktur RootBrain, Josua Sinambela menjadi salah satu Narasumber pada Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan oleh LEMHANAS RI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi D.I.Y di Gedung Pracimosono, Kepatihan, Yogyakarta pada Rabu, 25 Juni 2014. Tema dari FGD tersebut adalah “Antisipasi Kejahatan Dunia Maya (Cyber Crime) guna memantapkan keamanan dan ketertiban Masyarakat dalam rangka Ketahanan Nasional”
Selain Josua Sinambela, dua narasumber lain adalah Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda DIY Kombes Pol Kokot Indarto dan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika DIY Budi Antono.

Pada FGD tersebut hadir dan turut berdiskusi berbagai kalangan mulai dari Akademisi (UGM, UPN, UII, UAJY), Corporate (BCA, BTN, Provider (APJII, TELKOM) , Pemerintah Daerah dan para penggiat Teknologi Informasi di wilayah Provinsi DIY.

Josua Sinambela membawakan materi tentang keamanan dalam social networking, dimana masyarakat umumnya sudah sangat familiar dan banyak yang tergantung pada media social tersebut. Keamanan dalam pemanfaatan social networking saat ini perlu menjadi perhatian serius setiap pengguna Internet umumnya dan media social pada khususnya. Banyak sekali kejadian kejahatan cyber maupun kejahatan non-cyber lain berawal dari layanan social networking seperti facebook, twitter, path dll.

Josua sendiri sering mendapat aduan dan permintaan bantuan dari para pengguna media social yang menjadi korban cyber crime, mulai dari pencurian identitas, pencurian/publikasi foto hingga penipuan dan pemerasan.

Kejahatan cyber biasanya lebih dipicu karena kurang awarenya para pengguna tentang resiko-resiko saat menggunakan berbagai media social online tersebut. Kurang sadarnya akan keamanan diri sendiri, keluarga maupun orang lain menjadi faktor yang paling utama menjadi deretan korban di dunia cyber.

Materi presentasi dari tentang keamanan pada Social Networking yang berisi Tips-Trik keamanan dalam bersocial networking dapat didownload pada url berikut ini

Sumber informasi terkait berita diatas juga dapat dibaca pada:
http://jogja.tribunnews.com/2014/06/26/waspada-penipuan-online-di-diy-marak/
http://www.harianjogja.com/baca/2014/06/26/cyber-crime-meningkat-diy-bakal-bentuk-lembaga-penanganan-kejahatan-dunia-maya-515528