Seminar Network Security Management, Ethical Hacking & Attack Demo

Seminar diselenggarakan hari Rabu, 26 Februari 2009, di Ruang E6 Gedung Jurusan Teknik Elektro, Jalan Grafika No. 2 Kampus UGM Yogyakarta. Seminar berlangsung selama satu hari dari jam 08.00 wib sampai 15.00 wib. Peserta seminar adalah para pranata komputer di masing-masing unit UGM. Pembicara dalam seminar ini adalah Josua M Sinambela (RootBrain) dan Surahyo, B.Eng., M.Eng.Sc (InixindoJogja). Peserta seminar terdiri dari Pranata Komputer dan Administrator Jaringan Komputer serta Mahasiswa S1 & S2 UGM

Tema seminar ini adalah “Network Security Management”. Sesuai dengan tema tersebut maka materi yang disampaikan adalah seputar bagaimana pengelolaan keamanan suatu jaringan komputer. Sesi pertama dari seminar ini disampaikan oleh Surahyo, B.Eng., M.Eng.Sc. dengan materi “Network Design”. Disini disampaikan bagaimana mendesign sebuah jaringan komputer yang baik. Sesi kedua dengan tema “Network Management” juga disampaikan oleh Surahyo, B.Eng., M.Eng.Sc. Dalam sesi kedua ini dipaparkan bagaimana mengelola suatu jaringan komputer yang sudah dibuat supaya bisa optimal dalam pemanfaatannya dan juga ditekankan pula betapa pentingnya masalah keamanan jaringan komputer.

Sesi ketiga dari seminar adalah “Ethical Hacking and Attack Demo” yang disampaikan oleh Josua M Sinambela (RootBrain). Di sini dijelaskan tentang teknik-teknik hacking dan metodologinya beserta cara pencegahan atau penanggulangannya. Penjelasan disertai dengan demo dan diskusi.

Seminar ini merupakan satu paket pengetahuan yang cukup lengkap bagi para pranata komputer khususnya network admin untuk membangun jaringan komputer, bagaimana memaintenance jaringan komputer yang sudah dibangun supaya optimal dalam pemakaiannya, serta kesadaran betapa pentingnya masalah keamanan jaringan. Diharapkan pengetahuan yang didapat di workshop dan seminar ini bisa diterapkan di organisasi atau unit kerja masing-masing.

Map Seminar Network Security Management
Map Seminar Network Security Management

Bapak Josua M Sinambela memberikan materi Ethical Hacking & Attack Demo
Bapak Josua M Sinambela memberikan materi Ethical Hacking & Attack Demo

Peserta Seminar Network Security Management dan Ethical Hacking
Peserta Seminar Network Security Management dan Ethical Hacking