Seminar “Make Your Software To Be Secure”

RootBrain akan ikut berpartisipasi pada seminar HMJTI STMIK Akakom Yogyakarta yang bertemakan “Make Your Software To Be Secure” , diadakan pada Jumat, 03 Juli 2009. Pukul 08:00 – 11:40 WIB. Bertempat di Ruang Presentasi STMIK Akakom Yogyakarta. Seminar tersebut akan diisi oeh Bapak Josua M Sinambela (RootBrain.Com Founder, IT Trainer & Consultant)

Overview

Banyak cara untuk memberikan lisensi dan mengamankan software yang dihasilkan. Diantara lisensi yang ada, antara lain free software, open source, public domain, copylefted software, GPL Software, Non-Copylefted Free Software, Semi-Free Software, Freeware, Shareware, Evaluation Copy / Trial / Preview/ Demo, Adware, Spyware & Nagware, Stripware & Optionware.

Diantara lisensi-lisensi tersebut di atas, dapat juga di terapkan proteksi terhadap software tersebut, khususnya pada software dengan lisensi shareware dan Evaluation Copy / Trial / Preview/ Demo. Pada software dengan lisensi shareware, software tersebut pada umumnya hanya dapat digunakan dalam jangka waktu tertentu, dan untuk penggunaan selanjutnya pengguna harus melakukan registrasi untuk dapat membuka proteksi software, menghilangkan nagscreen atau mengupgrade fasilitas tambahan yang sebenarnya sudah tersedia namun terproteksi sehingga fasilitas tambahan tersebut tidak dapat digunakan sebelum proses registrasi dilakukan.

Pada Evaluation Copy / Trial / Preview/ Demo, software hanya akan berfungsi dalam jangka waktu tertentu dan tidak akan berfungsi sama sekali apabila dalam jangka waktu yang telah ditentukan tersebut pengguna tidak melakukan registrasi. Dari berbagai macam proteksi tersebut, belum tentu aman dari serangan cracker, sehingga proteksi dapat dibongkar.

Tujuan

Dari latar belakang masalah yang ada, untuk itu perlu ada suatu pembelajaran terhadap teknik-teknik proteksi yang ada. Dengan mengenal cara kerja, kelemahan dan kelebihan teknik-teknik proteksi yang ada, diharapkan peserta mampu melakukan proteksi terhadap software yang di hasilkan, serta mampu membongkar proteksi/melakukan cracking menemukan kelemahan dari proteksi sebuah software.

Pembahasan

Dalam seminar ini akan dibahas

  1. Pengenalan jenis-jenis lisensi dan proteksi software
  2. Pengenalan tools-tools untuk melakukan exploit software atau cracking
  3. Teknik-teknik exploit software untuk menemukan kelemahan proteksi software (cracking)
  4. Pengenalan tools-tools untuk melakukan proteksi software
  5. Teknik-teknik untuk melakukan proteksi software yang dihasilkan
  6. Mengenal cara pembuatan patch, keygen
  7. Teknik-teknik tambahan untuk mengamankan software yang dihasilkan dari serangan cracker

Kesimpulan

Melalu seminar ini, peserta dapat menerapkan teknik – teknik yang sudah diseminarkan untuk mengamankan software yang mereka bangun. peserta tidak diharapkan melakukan hal-hal kejahatan digital yang merugikan hak atas kekayaan intelektual. Dengan memahami konsep – konsep yang sudah diberikan peserta dapat membantu hukum hak atas kekayaan intelektual.

Selengkapnya dapat diakses di http://eti.hmjti-akakom.org/detail_securing_software.html