Inhouse Training CompTIA Linux+ STMIK AMIKOM

Pelatihan CompTIA Linux+ ( 18 – 21 Juni 2012 ), STMIK AMIKOM bekerjasama dengan RootBrain dengan pemateri Josua M Sinambela,  M.Eng. Kegiatan ini dalam rangka upaya standarisasi materi perkuliahan yang mulai diterapkan di amikom. untuk mata kuliah praktikum operating system jurusan SI, amikom mencoba untuk menggunakan standarisasi internasional dengan CompTIA Linux+. Selain itu STMIK AMIKOM saat ini telah menjadi academy partner untuk CompTIA di Indonesia. Kedepannya beberapa mata kuliah akan mulai di standarisasi industri dengan mengacu pada CompTIA.

CompTIA Linux+ mengulas materi yang mendalam tentang sistem operasi linux, tujuan dari CompTIA Linux+ adalah menjadi system administrator. Materi yang masuk dalam pelatihan ini adalah Arsitektur system linux, instalasi linux dan manajemen paket, GNU and Unix Commands, devices, Linux filesystem, standar hirarki filesystem, dan administrasi server. Administrasi server mencakup layanan seperti samba, nfs, webserver, DNS, DHCP, SELinux, dsb.

Materi yang cukup padat untuk waktu 4 hari, sehingga Tidak seluruh materi dapat di selesaikan. Walaupun demikian, karena seluruh peserta pelatihan adalah dosen yang sudah lama menggunakan Linux dan cukup berpengalaman, sehingga cukup dengan ber-eksplorasi sendiri untuk materi yang belum tersampaikan. Selain pelatihan, kami juga mendapatkan fasilitas try out untuk ujian CompTIA Linux+.

Informasi yang diberikan oleh bapak Josua M Sinambela, M.Eng., untuk Ujian Sertifikasi CompTIA Linux+ akan terdiri dari 2 track. Track pertama, tentang system Linux dan track kedua, seputar administrasi server.

Kedepannya, dosen-dosen amikom akan melakukan pelatihan lanjutan seperti CompTIA A+ (untuk hardware/software), CompTIA Network+ (Jaringan komputer), CompTIA Security+, dan CompTIA Project+.

Sumber: http://www.amikom.ac.id/index.php/main/berita/pelatihan-comptia-linux-stmik-amikom